Ads 468x60px

8 Museum Coklat Yang Harus Dikunjungi

Cokelat? Hmm..pasti semua suka. Apalagi jika berada di museum yang semuanya serba cokelat. Selain mengenal seluk-beluk cokelat, Anda juga bisa mencicipi beragam jenis cokelat. Kalau sedang berada di negera-negara ini jangan lupa mampir!

Selain museum sejarah, museum cokelat merupaka daya pikat pelancong yang mengunjungi negara-negara ini. Karena informasi lengkap soal tanaman cokelat, proses pengolahan biji cokelat hingga aneka cokelat siap makan tersedia.

Berikut ini delapan museum cokelat di dunia yang wajib disinggahi:

1.The Cologne Chocolate Museum, di Jerman

Museum bernama Cologne Chocolate Museumada di Jerman. Dibuat agar para pengunjung mendapatkan pengalaman yang unik. Dindingnya bergambar tanaman kakao. Pengunjung dapat berjalan melalui rumah kaca kecil untuk ke ruang berikutnya. Di rumah kaca  itu pengunjung dapat melihat tanaman kakao yang menghasilkan biji cokelat.


2.Choco-Story Chocolate Museum, Bruges, Inggris



Didirikan sejak tahun 1988 dan terletak di dekat Erembodegem (sebuah desa di Belgia). Selain dapat melihat-lihat kreasi cokelat, pengunjung juga dapat berbelanja cokelat. Mulanya bangunan ini adalah sebuah kedai wine di tahun 1500-an,kemudian  pada tahun 1700-an menjadi sebuah toko roti.

3.Museu de la Xocolata, Barcelona, Spanyol


Museum cokelat “Museu de la Xoxolata” menampilkan sejarah tentang cokelat di Eropa. Mulai dari proses perdagangannya hingga proses pengolahan dan manfaatnya. Saat memasuki museum, pengunjung akan diberikan sepotong cokelat. Tidak hanya itu semua ruangannya mengeluarkan aroma cokelat yang sangat menggoda. Yummy!


4. Musee du Chocolat, Canada


Museum ini terletak di St Stephen, Kanada. Didalamnya terdapat berbagai koleksi sejarah perkembangan industri cokelat di Kanada. Pengunjung bisa melihat sebuah alat besar untuk mengolah cokelat dan dibuat dengan cokelat.


5. Choco-Story Chocolate Museum, Republik Ceko





















Kecuali pengunjung mengenal sejarah cokelat, ada  koleksi unik cokelat dipamerkan disini. Pengunjung juga bisa menemukan rahasia asal muasal cokelat hingga diolah menjadi adonan cokelat bertekstur halus dan langsung bisa dicicipi.


6.Candy Americana Museum, Wilbur Chocolate, Pennylvania, Amerika Serikat


Museum cokelat ini didirikan oleh Penny Buzzard, istri mantan presiden John Buzzard tahun 1972.
Museum ini tidak hanya menyajikan kreasi aneka cokelat tetapi juga memamerkan alat dan bahan-bahan untuk membuat cokelat. Semua alat seperti cetakan cokelat, panci, spatula dan lainnya bisa dilihat di museum ini.


7.Chocolate Museum, Jeju-do Island, Korea Selatan


Museum cokelat terbesar kedua di dunia ini tampak seperti istana kuno. Cokelat yang dipamerkan di museum ini bisa dicicipi dan dibeli. Berbagai miniatur tinggi dan besar yang dibuat dari cokelat pun bisa dilihat disini.


8.Nestle Chocolate Museum, Meksiko


Meskipun bukan museum cokelat pertama di Meksiko, tetapi merupakan museum pertama yang bangunannya unik seperti origami. Penggila cokelat bisa menemukan berbagai produk cokelat disini.

sumber.